Jumat, 14 April 2017

Panduan Pengisian Sanitasi Sekolah pada Aplikasi Dapodik

Untuk kesekian kalinya Dirjen Dikdasmen di halaman resminya merelease panduan untuk pengisian aplikasi dapodik. Kali ini panduan yang di re... thumbnail 1 summary
Untuk kesekian kalinya Dirjen Dikdasmen di halaman resminya merelease panduan untuk pengisian aplikasi dapodik. Kali ini panduan yang di release adalah panduan pengisian sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik. Release panduan pengisian sanitasi sekolah ini dipublikasikan tanggal 4 April 2017. Informasi release panduan ini dipublikasikan melalui surat edaran yang ditujukan kepada kepala dinas pendidikan propinsi maupun kabupaten, kepala SD/SMP/SMA/SMK dan operator sekolah. 

Dirjen Dikdasmen Kemendikbud merasa perlu untuk membuat panduan pengisian sanitasi sekolah di aplikasi dapodik. Hal ini dilakukan sebagai upaya kemendikbud RI yang merupakan partner UNICEF dalam rangka usaha perbaikan dan peningkatan kualitas sanitasi sekolah. Dengan adanya panduan ini diharapkan operator pendataan dapodik bisa mengisi data sanitasi sekolah secara benar dan valid sesuai dengan standar yang diminta oleh Kemendikbud dan Unicef. 

Dengan demikian Kemendkbud RI bisa memantau data sanitasi secara langsung melalui isian sanitasi sekolah di dapodik melalui indicator-indikator sanitasi sekolah secara lengkap. Selanjutnya akan diketahui sekolah mana saja yang memiliki sanitasi sekolah sesuai standar nasional dan sekolah mana saja yang belum mempunyai sanitasi sekolah yang sesuai standar. 

Dengan adanya panduan pengisian sanitasi sekolah ini, akan memudahkan operator pendataan dapodik dalam menginput data sanitasi sekolah. Dengan demikian akan meminimalisir kesalahan dalam pengentrian data dapodik. Dan pada akhirnya kualitas data sektor sanitasi sekolah pada sistem pendataan dapodik dapat meningkat. Hal tersebut akan mempermudah kemendikbud RI dalam menyusun rencana strategis dan kebijakan dalam meningkatkan kualitas lingkungan sekolah melalui berbagai bantuan fisik dan non fisik yang berkaitan dengan sanitasi sekolah.

Bagi yang ingin mempelajari cara mengisi sanitasi sekolah pada aplikasi dapodik dapat segera mengunduh file nya di halaman dapodikdasmen http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/panduan-pengisian-data-sanitasi-sekolah-pada-aplikasi-dapodik

Tidak ada komentar

Posting Komentar