Selasa, 31 Januari 2017

Tips Sukses Instal Aplikasi Dapodik 2017

Aplikasi Dapodik 2017 Aplikasi Dapodik versi terbaru yang sudah diluncurkan oleh Tim Dapodikdasmen berupa file Installer, sehingga pros... thumbnail 1 summary
Aplikasi Dapodik 2017
Aplikasi Dapodik versi terbaru yang sudah diluncurkan oleh Tim Dapodikdasmen berupa file Installer, sehingga proses penggunaannya harus melalui proses instalasi bukan upgrade aplikasi. Begitu aplikasi Dapodik 2017 sudah terinstal atau terpasang di laptop atau komputer, maka langkah selanjutnya adalah registrasi pengguna aplikasi dapodik yaitu operator dapodik di sekolah. 

Namun beberapa fakta di lapangan menunjukkan bahwa proses instalasi aplikasi dapodik 2017 tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun sudah ada buku panduan aplikasi dapodik 2017, masih banyak operator dapodik yang mengalami kesulitan pada saat melakukan proses instalasi dan registrasi aplikasi dapodik 2017. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar sukses dalam melakukan instalalasi dan registrasi aplikasi dapodik 2017. Bagi operator sekolah bisa menyimak tips-tips berikut ini. 
  1. Cek kondisi laptop atau komputer yang akan dipakai untuk menginstal aplikasi dapodik. Pastikan laptop dalam kondisi sehat, semua program berjalan dengan normal dan semua hardware dapat berfungsi dengan baik. Jika kondisi laptop kurang sehat segera lakukan perbaikan ringan atau dating saja ke tukang servis komputer.
  2. Pastikan pengaturan waktu dan tanggal berada pada setting WIB UTC+7 Bangkok, Hanoi, Jakarta. Jika belum, setting waktu dan tanggal bisa diubah melalui taskbar Date & Setting pada pojok kanan bawah. Klik Change dan sesuaikan dengan waktu dan tanggal saat ini. Pastikan juga location and Regional Language setting adalah Indonesia. Hal ini bertujuan agar proses sinkronisasi tidak mengalami kendala.
  3. Non aktifkan program pengamanan yang ada pada komputer atau laptop agar proses instalasi aplikasi dapodik dapat berjalan dengan lancar, yaitu antivirus seperti Avast, Avira, Antivir dan windows firewall.
  4. Siapkan kode regristrasi, username dan password yang akan digunakan pada saat generate prefill dapodik, isntalasi aplikasi dapodik dan registrasi pengguna dapodik. Kode registrasi bersifat rahasia jadi simpan dengan baik untuk keamanan data dapodik milik sekolah.
  5. Lakukan generate prefill dan unduh prefill dapodik yang terbaru untuk mengantisipasi jika mengalamai kesulitan dalam melakukan registrasi aplikasi dapodik secara online. 
  6. Pastikan koneksi internet stabil pada laptop atau komputer sehingga file installer aplikasi dapodik dapat terunduh dengan sempurnah dan tidak corrupt. 
  7. Selalu menggunakan prefill terbaru saat instalasi dan registrasi aplikasi dapodik 2017. Jangan sampai menggunakan prefill dapodik yang kadaluarsa.

Tidak ada komentar

Posting Komentar