Senin, 30 Januari 2017

Release Aplikasi Dapodik Versi 2017

Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi data pokok pendidikan yang merupakan satu-satunya aplikasi pendataan bidang pendidikan yang digunakan o... thumbnail 1 summary
Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi data pokok pendidikan yang merupakan satu-satunya aplikasi pendataan bidang pendidikan yang digunakan oleh sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud RI.  Sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu, aplikasi Dapodik telah banyak memberikan manfaat bagi sekolah terkait dengan pendataan data pokok pendidikan seeprti data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan sarana prasarana sekolah. 

Sumber : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodik-2017
Dan untuk kesekian kalinya, Kemendikbud RI kembali merilis versi terbaru dari aplikasi Dapodik untuk keperluan pendataan data pokok pendidikan pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Aplikasi Dapodik yang dijadwalkan release akhir Januari 2017 pada akhirnya dipenuhi oleh Tim Dapodikdasmen Kemendikbud RI tepat tanggal 30 Januari 2017. 

Aplikasi Dapodik versi terbaru yang direlease oleh Tim Dapodikdasmen adalah Aplikasi Dapodik Versi 2017. Pada aplikasi Dapodik versi terbaru ini banyak sekali perubahan dan pembenahan pada fitur yang digunakan. Beberapa pembenahan yang cukup penting antara lain sebagai berikut 
  1. Pembenahan berupa fitur baru
  2. Metode validasi
  3. Perbaikan beberapa bugs pada versi sebelumnya

Pembenahan-pembenahan pada versi baru tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya dalam sinkroniasi regulasi, prosedur dan mekanisme pemanfaatan data dari Dapodik untuk kepentingan transaksional di Dirjen GTK, Transaksi BOS, PIP dan sebagainya. Selain itu pembenahan-pembenahan yang dilakukan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas data di Dapodik untuk mendukung semua transaksional di lingkungan Kemendikbud.

Pembaharuan pada aplikasi Dapodik versi 2017 selain pada segi front-end, juga dilakukan pada segi database yang telah menggunakan database versi 2.61. Dengan demikian secara teknis, Aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Aplikasi Dapodik 2016, 2016a, 2016b, dan 2016c) tidak dapat langsung diupgrade ke aplikasi Dapodik Versi 2017, akan tetapi harus melalui proses install ulang. Oleh karena itu aplikasi Dapodik versi 2017 hanya direlase dalam bentuk INSTALLER saja dan tidak ada versi UPDATER.

Aplikasi Dapodik akan selalu dilakukan perubahan, pembenahan dan penyempurnaan seiring dengan perkembangan, tuntutan dan regulasi yang ada. Oleh karena itu sekolah harus senantiasa berusaha untuk menyesuaikan perubahan tersebut dengan selalu menjaga kualitas data pokok pendidikan yang ada di aplikasi Dapodik.

Daftar Pembaharuan dan Perbaikan Fitur Aplikasi Dapodik ada di sini
Cara Menginstal Dapodik 2017 di sini
Unduh Installer Aplikasi Dapodik Versi 2017 di sini atau di sini
Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017 bisa diunduh di sini

Tidak ada komentar

Posting Komentar