Sabtu, 14 Januari 2017

Jenis Data yang Bisa Diedit dan Tidak Bisa Diedit di Aplikasi Bio UN SMP/SMA

Halaman Login Bio UN SMP/MTs Sebagai langkah awal untuk melaksanakan Ujian Nasional tahun 2017, Pemerintah melalui Kementerian Pendidik... thumbnail 1 summary
Halaman Login Bio UN SMP/MTs
Sebagai langkah awal untuk melaksanakan Ujian Nasional tahun 2017, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyediakan website pendataan peserta ujian nasional secara online yaitu 
1. Manajemen PD UN di  http://pdun.data.kemdikbud.go.id 
3. Bio UN SMA/MA di http://biounsmama.kemdikbud.go.id 

File data CPUN yang diperoleh dari website manajemen PD UN tersebut akan dipush atau diupload ke dalam aplikasi Ujian Nasional yang lebih dikenal dengan nama Bio UN. Namun ada perbedaan yang mencolok antara file yang harus diupload ke Bio UN SMP dengan Bio Un SMA yaitu terkait dengan jenis file ekstensi yang disediakan. 

Apapun perbedaannya, yang menjadi fokus operator pendataan UN adalah kevalidan data calon peserta Ujian Nasional. Data yang diupload ke Bio UN SMP berupa file dz. Sedangkan data yang diupload di Bio UN SMA berjenis file dbf sehingga memerlukan layanan Bio UN Offline. Data-data yang sudah diupload ke aplikasi Bio UN ternyata ada yang masih bisa diedit atau diubah sesuai kebenaran data yang ada. Namun ada pula data di Bio UN yang tidak bisa diedit. 

Data-data yang bisa diedit di Bio UN adalah No UASBN, Nomer Induk Siswa Nasional (NISN), Nomer Induk Siswa (NIS), No Absen, Alamat, Jenis Kelamin, Agama, Nama orang Tua, Hobi, Cita-cita, Jarak, Transportasi, Pekerjaan Ayah, Pendidikan Ayah, Pekerjaan Ibu, Pendidikan Ibu, Penghasilan dan Jumlah Saudara. 

Sedangkan data-data yang tidak bisa diedit di aplikasi Bio UN adalah Nama dan Tempat Tanggal Lahir Siswa. Oleh karena itu, sebelum mengupload file dz pada aplikasi Bio UN kita pastikan dulu kebenaran dan kevalidan data tersebut. 

Meskipun di Bio UN, NISN bisa diedit namun sudah merupakan kewajiban operator untuk tetap menjaga valiidtas data antara NISN di ijazah SD nya, di Verval PD maupun di Bio UN. Jika masih terdapat perbedaan NISN di dapodik, PD UN, Verval PD dan Bio UN maka kewajiban operator sekolah saat in untuk melakukan perubahan NISN sesuai dengan aslinya sehingga tidak meninggalkan masalah di jenjang pendidikan selanjutnya karena data tersebut berkelanjutan. Alangkah lebih baik jika perubahan data dilakukan melalui halaman Verval PD.

Tidak ada komentar

Posting Komentar