Jumat, 10 Februari 2017

Cara Upload File DZ di Biosystem SD

Upload File DZ Biosystem SD Sama seperti tahun sebelumnya bahwa softcopy data yang dipakai untuk pendataan calon peserta ujian nasional... thumbnail 1 summary
Cara Upload File DZ ke Biosystem SD
Upload File DZ Biosystem SD
Sama seperti tahun sebelumnya bahwa softcopy data yang dipakai untuk pendataan calon peserta ujian nasional untuk jenjang sekolah dasar yaitu data yang berasal dari http://pdun.data.kemdikbud.go.id berupa file dz. Perbedaannyaa adalah tahun ini kewenangan untuk mengunggah atau upload file dz diserahkan ke sekolah masing-masing. Itu artinya operator pendataan ujian di tingkat sekolah yang akan mengupload file dz tersebut.

Bagi yang belum tahu file DZ mungkin masih bertanya-tanya apa itu file DZ. Sebagai gambaran bahwa file DZ adalah suatu file yang dihasilkan dari proses kompresi Dzip sehingga menghasilkan file kompresi yang ukurannya lebih kecil. File DZ tidak untuk dibuka tapi untuk dikirm dan diintegrasikan dengan aplikasi data tertentu, salah satunya adalah apliaksi Biosystem Online.

Lalu bagaimana cara upload file dz aplikasi Biosystem SD? Bagi operator yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan upload file dz ke Biounsdmi dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Ketikkan alamat Biosystem SD/MI http://biounsdmi.kemdikbud.go.id pada address bar peramban anda
  2. Isi username, password dan kode pengaman untuk login ke Biounsdmi
  3. Selanjutnya pilih dan klik menu “upload dari dapodik/emis”
  4. Akan muncul jendela “uploader”
  5. Pastikan dulu kode propinsi dan kabupaten sudah sesuai lalu klik tambah
  6. Pilih dan cari file dz yang akan kita unggah di biounsdmi.
  7. Kemudian klik “upload” dan tunggu data berhasil diupload
  8. Silahkan cek menu Data Master Siswa untuk melihat hasil unggahan file dz.

Sebagai catatan bahwa proses upload dz ini membutuhkan koneksi internet karena sifatnya yang online. Sehingga sebelum upload file dz, pastikan komputer atau laptop terhubung dengan jaringan ainternet. Setelah file dz terunngah di Biosystem SD/MI segera periksa kembali kelengkapan data siswa calon peserta ujian nasional. Pastikan juga file dz hasil unduhan di manajemen UN tidak ada tanda kurung nomer atau angka. kalau ada rename dulu dan hilangkan kurung angka tersebut.

3 komentar

  1. Saya sudah upload file dz, setelah sistem melakukan validasi dikatakan bahwa file invalid, segera perbaiki data. Bagaimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus
  2. itumsubc-su Mike Mann click
    ciachiegreenpa

    BalasHapus