Senin, 06 Februari 2017

Penjelasan Menu di Aplikasi Biosystem Online 2017 (BIOUNSDMI)

Halaman Login Biosystem Online Seperti yang sudah diinformasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten masing-masing bahwa pendaftaran pesert... thumbnail 1 summary
Halaman Login Biosystem Online
Seperti yang sudah diinformasikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten masing-masing bahwa pendaftaran peserta ujian nasional 2017 untuk jenjang SD dan MI sudah bisa mulai dilaksanakan melalui halaman http://biounsdmi.kemdikbud.go.id yang dikelola langsung oleh Puspendik Kemendikbud RI. Aplikasi ini sedkit berbeda dengan aplikasi sebelumnya yang dikelola oleh dinas pendidikan propinsi. 

Jika disimak dengan seksama ketika sudah login di aplikasi Biosytem Online, ada beberapa menu pada tampilan beranda di aplikasi Biosystem Online yang harus dipahami oleh operator pendataan Ujian Nasional. Beberapa menu yang ada di Biosystem Online terbagi dalam menu utama, data master, kelengkapan data dan data master. 

Menu di Aplikasi Biosystem Online
Menu Utama 
Menu utama pada aplikasi biosystem online terdiri dari empat menu, yaitu Beranda, Upload, Upload dari Dapodik/Emis dan Download. Menu upload merupakan menu untuk mengunggah file dari Biosystem Offline berupa file dbf. Sedangkan menu Upload dari Dapodik/Emis merupakan menu untuk mengunggah file dz yang berasal dari manajemen UN. 

Data Master
Menu data master pada aplikasi biosystem online terdiri dari menu data master sekolah dan data master siswa. Data master sekolah akan menampilkan profil sekolah penyelenggara ujian nasional. Data master siswa akan menampilkan data siswa peserta ujian nasional. Jika belum mengunggah file dz, data master siswa akan menampilkan data kosong.

Kelengkapan Data
Menu kelengkapan data berisi informasi dan tabulasi data siswa peserta ujian nasional yang datanya masih belum lengkap sehingga bisa segera diketahui untuk dilengkapi dan diperbaiki.

Tools
Menu tools berisi menu akun saya dan navigasi Logout. Menu akun saya berisi data akun sekolah atau operator pendataan ujian nasional.

Pemahaman terhadap menu-menu yang ada di aplikasi Biossytem Online akan sangat membantu demi lancarnya proses pendataan peserta ujian nasional. Dengan memahami menu pada aplikasi Biosystem Online akan meminimalisir permasalahan yang muncul saat upload maupun download data.

Tidak ada komentar

Posting Komentar